Pengalaman Anyang-ayangan Ibu saat Bulan Puasa

02.41.00

copyright: health.kompas.com

Di blog kali ini saya mau cerita sedikit tentang pengalaman selama puasa 1 bulan kemarin,  selain spesial karena puasa itu sendiri juga karena keluarga kami mendapat musibah yaitu ayah saya mengalami kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit kurang lebih selama sebulan. Ibu saya tentu menjadi orang yang paling khawatir dan selalu ada di samping beliau. Sudah menjadi hal umum jika si penjaga orang sakit juga sangat rawan untuk ikut sakit. Karena bertepatan dengan bulan ramadhan dan selama sebulan penuh beliau ada di rumah sakit dan sempat sulit makan dan jarang minum, beliau sempat mengalami sakit magh dan beberapa kali anyang-anyangan. Namun kali ini saya akan lebih bercerita mengenai pengalaman anyang-anyangan beliau.

Selama ini kebanyakan dari kita merasa bahwa anyang-anyangan bukan permasalahan penting, dan bahkan banyak yang percaya dengan mitos untuk menali jempol kaki dengan karet *yang juga pernah saya lakukan hahaha* namun ternyata anyang-anyangan bisa jadi merupakan salah satu indikasi infeksi saluran kemih maupun batu ginjal. Setelah sempat konsultasi singkat dengan dokter yang saat itu kebetulan menangani ayah saya ternyata ada beberapa sebab orang dimungkinkan terkena anyang-anyangan. Berikut beberapa penyebab anyang-anyangan yang paling umum:

1.       Dehidrasi
Dehidrasi dapat memicu anyang anyangan karena saat dehidrasi seseorang akan memproduksi sedikit urin.  Semakin sedikit produksi urin makan akan semakin sulit untuk berkemih . Orang tersebut akan merasa selalu ingin buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanya sedkit dan menyebabkan sakit buang air kecil

2.       Kehamilan
Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang angan pada wanita ini adalah pada saat usia kandungan membesar kandungan itu akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.

3.       Infeksi Saluran Kemih
Salah satu indikasi seseorang terkena infeksi saluran kemih adalah anyang-anyangan, urin berdarah, sakit buang air kecil, nyeri di rectum, demam, dan sakit punggung. Infeksi saluran kemih ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, beberapa diantaranya disebabkan:
a.       Kuman/ Bakteri (Escherichia coli atau E.coli, Klebsiella, dan Pseudomonas)
Salah satu penyebab bakteri dapat masuk ke saluran kemih adalah cara membersihkan yang salah. Kebanyakan orang membersihkan alat kelamin dari belakang ke depan saat buang air besar. Padahal cara tersebut dapat menyebabkan bakteri yang terdapat di feses masuk dalam saluran kemih. Bakteri juga dapat masuk ke saluran kemih melalui kateter yang kotor, serta alat KB                        
b.      Penyakit Kelamin
c.       Batu Ginjal


Dan kemungkinan besar ibu mengalami anyang-anyangan karena memang sudah menopause dan mengalami dehidrasi karena kurang minum air meskipun saat sudah berbuka puasa.

Setelah sempat browsing dan baca-baca di salah satu website yang cukup banyak menjelaskan mengenai anyang-anyangan yaitu Health Info Prive Uri-cran dan tanya-tanya, saya ingin share beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi anyang-anyangan beliau, berikut beberapa cara paling mudah dan alami untuk mengatasi  anyang-anyangan:

1.       Menghindari Menahan Buang Air Kecil
Terkadang kita tidak merasa telah menahan untuk buang air selama berjam-jam padahal ini sangat tidak baik. Kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,4 liter dan ketika seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang. Selain itu, semakin lama menahan kencing, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh

2.       Minum Air Putih yang Cukup
Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh bisa digunakan untuk meredakan anyang-anyangan yang disebabkan dehidrasi

3.       Menjaga Kebersihan  Organ Intim
Menjaga kebersihan organ intimk juga erat kaitannya dengan bagaimana cara kita membasuh organ intim kita baik setelah buang air besar maupun kecil


4.       Mendengarkan Gemericik Suara Air
Mendengarkan gemericik air mampu membuat sesorang tersugesti untuk lebih mudah untuk membuang kencingnya

5.       Mengkonsumsi Makanan Sehat
Pastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Perhatikan juga kebutuhan gizi yang baik untuk kesehatan saluran kemih dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. 

Jus cranberry merupakan salah satu minuman yang dapat menekan pertumbuhan bakteri E.Coli di dalam tubuh dan meringankan infeksi saluran kemih yang dialami.

Berdasarkan http://www.mypriveworld.com/ buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia,  Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.


copyright: mypriveworld.com

Jika sulit memperoleh buah cranberry maka sekarang sudah ada Prive Uri-cran terdiri dari kapsul dan serbuk yang bisa  dikonsumsi di mana saja dan kapan saja dan tidak perlu repot dan menyita waktu terlalu banyak untuk membuat jus cranberry. Apalagi kondisi saat itu memang sedang ada di rumah sakit yang tentu minim peralatan dan membutuhkan sesuatu yang simple, mudah, dan ampuh




Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai  Prive Uri-cran berikut Facebook Page PriveUri-cran

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan agar bisa terus bermanfaat dan membahagiakan orang-orang sekitar dan diri kita sendiri


Xoxo,

Isna Fauzia Rahmah

You Might Also Like

1 komentar

  1. anyang-anyangan emang nyebelin kan. eh tapi ini boleh juga dicoba, kayanya seger deh :D
    *baru tau kalo isna juga ngeblog

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe